Elkan Baggot: Kekalahan Telak dari Iran Jadi Pelajaran Berharga

0
Elkan Baggott

Foto: pssi.org

Elkan Baggot menyebut bahwa kekalahan telak 0-5 yang ditelan Indonesia dari Iran dalam sebuah laga uji coba pada Selasa (9/1) jadi sebuah pelajaran yang sangat berharga.

Dalam laga uji coba yang digelar tertutup di Al Rayyan Sports Club, Qatar, tersebut, gawang Indonesia yang dijaga oleh Ernando Ari Sutaryadi dibobol oleh Shaman Ghoddos (2’), Roozbeh Cheshmi (21’), Saman Fallah (35’), dan Mehdi Ghayedi (71’ & 87’).

Sebagai catatan, laga ini menjadi uji coba terakhir Timnas Indonesia sebelum memulai perjuangan di Piala Asia 2023.

Baca juga: Timnas Indonesia Dibantai Iran 0-5 dalam Uji Coba Terakhir Sebelum Piala Asia

Pada Senin (15/1), tim Merah Putih akan melakoni pertandigan pertama pada babak grup dengan menghadapi Iraq. Setelah itu, tim asuhan Shin Tae-yong akan melawan Vietnam (19/1) dan Jepang (24/1).

Elkan yang berkiprah bersama Ipswich Town di Inggris menyatakan bahwa sejatinya skor besar tersebut tidak mencerminkan pertandingan secara keseluruhan.

Oleh karenanya, ia pun meminta rekan-rekan setimnya untuk lebih bisa mempraktikkan apa yang sudah mereka latih sejauh ini.

“Sekali lagi kami mendapatkan pertandingan yang dapat menjadi pembelajaran. Kami memainkan beberapa permainan yang menarik namun sayangnya kami kembali kebobolan untuk gol yang mudah,” ungkap Elkan.

“Hasil pertandingan mungkin tidak mencerminkan bagaimana pertandingan berjalan. Tapi ini adalah 90 menit yang menjadi pelajaran bagi banyak pemain. Jadi kami tahu kami harus siap dan fit di pertandingan pertama nanti,” tambahnya.

“Tentu kami masih optimis. Kami tidak melihat hasil pertadingan hari ini. Kami hanya melihat bagaimanma kami mempraktikkan apa yang sudah kami latih untuk menghadapi pertandingan pertama kami. Jadi seluruh tim masih berusaha bersama dan masih optimis menatap turnamen,” tegas Elkan.

Sebagai catatan, sebelum melawan Iran, Indonesia juga sempat melakukan dua kali uji coba melawan Libya ketika melakukan pemusatan latihan di Turki.

Hasilnya, Indonesia kalah dalam dua pertandingan tersebut dengan skor 0-4 dan 1-2.

Untuk ajang Piala Asia nanti, Indonesia menargetkan untuk bisa lolos dari babak grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *