Asal-usul Hari Diabetes Sedunia 14 November

0

Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Dunia merayakan Hari Diabetes Sedunia setiap tanggal 14 November. Perayaan ini dibuat oleh International Diabetes Federation (IDF) dan World Health Organization (WHO) pada 1991.

Sejak 2006, Hari Diabetes Sedunia resmi menjadi Hari Resmi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah keluarnya Resolusi PBB 61/225.

Tanggal 14 November sendiri dipilih karena merupakan hari lahir dari Sir Frederick Banting, salah satu penemu insulin bersama Charles Best pada 1922

Hari Diabetes dirayakan dengan sebuah tema tertentu yang dipakai selama satu hingga tiga tahun. Sejak 2021 hingga 2023, tema yang diusung adalah Akses kepada Kepedulian Diabetes.

Kampanye Hari Diabetes Sedunia sendiri diwakili dengan sebuah logo bulat berwarna biru. Logo ini mulai diadaptasi sejak 2007 setelah resolusi dari PBB terkait diabetes.

Bulatan berwarna biru sendiri menandakan bersatunya publik global dalam merespon diabetes.

Khusus untuk 2023, tema yang diusung oleh IDF untuk Hari Diabetes Sedunia adalah untuk memberikan kesadaran mengenai risiko dari tipe diabetes 2.

Tipa diabetes 2 merupakan jenis diabetes yang paling umum di mana terjadinya peningkatan level gula di aliran darah.

Menurut IDF, lebih dari 90 persen yang terjadi di dunia merupakan tipe diabetes dua.

IDF menyebut bahwa untuk menghindari diabetes, selain meminta orang-orang untuk menghindari makanan dan minum yang diberi pemanis, publik juga harus lebih banyak beraktivitas.

Baca juga: 7 Cara Kurangi Risiko Demensia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *