Foto: pexels.com/pixabay

Demensia atau yang seringkali dianggap sebagai sebuah kepikunan merupakan sebuah penyakit yang kerap terjadi ketika seseorang menginjak usia senja.

Meski sering dianggap sebagai sebuah penyakit yang ‘natural’, tetapi demensia tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, penyakit ini bukan hanya berdampak kepada ingatan, tetapi juga cara orang dalam menjalani hidup.

Dilansir dari Inews, Mary Jordan, seorang ahli terkait penyakit ini, memberikan tujuh tips yang bisa dilakukan sejak usia muda untuk menghindari risiko terkena demenia.

  1. Bersosialisasi

Berdasarkan pengalamannya dalam menangani pasien, Jordan menyatakan bahwa bersosialisai merupakan salah satu cara penting untuk menghindari demensia.

  1. Bersikap positif

Bersikap positif menjadi cara lain yang disarankan oleh Jordan untuk menghindari risiko terkena demensia. Ini ia dasarkan kepada sebuah hasil penelitian David Snowdon, seorang neurologis di Amerikat serikat, pada 1986.

Snowdon meneliti 678 orang biarawati yang berusia antara 75 hingga 102 tahun. Dengan gaya hidup mereka, Snowdon pun menyebut bahwa sikap positif dalam menjalani hidup ikut berpengaruh secara biologis.

  1. Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi mengonsumsi gula serta makanan olahan. Menurut Jordan, cara ini akan berdampak secara keseluruhan kepada kesehatan.

  1. Berolahraga

Semakin tua, mobilitas seseorang akan semakin menurun. Namun, Jordan menyatakan bahwa hal tersebut justru harus dilawan.

Ia menyarankan agar orang-orang tetap berolahraga, meski itu sesederhana seperti berjalan.

  1. Pelajari bahasa baru atau instrument

Selain melatih fisik, Jordan juga menyarankan seseorang untuk melatih otak mereka. Salah satunya adalah dengan memelajari bahasa atau instrumen alat musik.

  1. Tidur tujuh jam

Jordan menyatakan bahwa tidur yang cukup menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya dalam menghindari risiko demensia.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam, 30 persen lebih berisiko terdiagnosis demensia.

  1. Tidak merokok

Saran terakhir yang diberikan oleh Jordan adalah berhenti merokok. Pasalnya, gaya hidup seperti ini memicu penyakit vascular yang merupakan peyebab dari demensia.

Baca juga: 7 Tim Asal Kota London di Premier League 2023/2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *